Notice: Undefined index: view in /home/u3066806/public_html/batubatatahanapi.com/components/com_content/router.php on line 74
Semen Cor Tahan Api (Castable)

 

 

 

SEMEN COR TAHAN API

Disebut juga Castable.  Fungsinya sama dengan batu bata tahan api yaitu menahan sekaligus menyimpan panas. Castable lebih fleksible daripada batu tahan api karena bisa dibentuk sesuai dengan kebutuhan.  Disebut Castable karena dalam pengaplikasiannya harus dengan cara casting (cor).

 Jenis-jenis castable cukup banyak disesuaikan dengan posisi dan kebutuhan. Castable yang umum terdiri dari Dense Castable, High alumina castable dan high strengh castable,  seperti berikut ini:

   

Agar castable dapat melekat kuat pada permukaan dinding harus ada pengikat atau penahan berupa anchor agar castable tidak jatu dan terlepas.  Adapun panjang anchor yang disarankan adalah 3/4 dari ketebalan castable refractory dan sebaiknya menggunakan material Stainless Steel. 

Jenis-jenis Hand Weld Anchor

Cara Pasang Anchor

Untuk lebih mengetahui tata cara pemasangan castable, silahkan simak halaman Prosedur Pemasangan Castable

 

LOW CEMENT, SIC & ALUMINIUM CASTABLE

Jenis Low Cement Castable seperti TNC-165 LC, TNC-170 LC dan TNC-180 LC adalah material yang tahan terhadap gesekan seperti pada Fluidized Bed Boiler, Cyclone, dsb.

Demikian juga untuk peleburan aluminium.  Perlu material tahan api yang berbeda pula agar aluminium tidak lengket pada dinding refractory (TNC-1700 AL).  Sedangkan refractory yang berbahan baku SiC (Silicon Carbide) digunakan pada bagian-bagian yang selalu terbentur material produksi seperti misalnya pada pabrik Nikel (TNC-80 SiC).

Spesifikasi Castable

 

 

ACID RESISTANCE CASTABLE

 Selain jenis-jenis castable di atas kami menyediakan pula castable yang tahan terhadap zat asam disebut dengan Acid Resistance Castable.  Adapun spesifikasinya sbb.:

 

 

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save